Minggu, 08 Juni 2008

Idealisme Seorang Sutradara

Sekarang sudah menjadi hal yang umum bahwa seorang sutradara merupakan seseorang yang menentukan kualitas dari sebuah pementasan. Seorang sutradara kadang melakukan sesuatu yang menurutnya "pas" untuk dijadikan sesuatu dalam pementasan dalam hal ini pementasan teater. Menurut saya, kadang idealisme itu membuatnya merasa disegani, dihargai, atau mungkin dibenci. Disegani jika apa yang dia putuskan membuat semua kru-krunya merasa nyaman dan jika pementasan yang dilakukan sukses. Dihargai jika semua semua belah pihak juga merasa dapat ikut serta dalam menyumbangkan ide-idenya jika dirasa kurang "pas" oleh orang lain disekitarnya. Dan dibenci jika dalam prosesnya seorang sutradara merasa dirinya paling benar dan pada akhirnya pementasan tersebut membuat orang lain disekitarnya kecewa.
Idealisme sutradara sendiri tidak bisa lepas dari karakter sutradara sendiri. Seperti anda sekalian tahu bahwa ada berbagai macam tipe sutradara. Dari Sutradara tipe diktator sampe sutradara yang low profile terhadap pemainnya. Tetapi hal ini juga tidak lepas dari lingkungan yang banyak mempengaruhi kepribadian seorang sutradara. Selama saya mengikuti beberapa sutradara dalam prosesnya, saya baru sadar ternyata tidak semua sutradara dalam prosesnya memiliki idealisme yang sama. Semoga dengan adanya sutradara-sutradara muda di teater Lugu dapat memberika suasana baru di dunia keteateran, khususnya di kota solo.
SALAM BUDAYA.....!!

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Sukses Lih!!!!!!!! Sorry kalo dalam pementasanmu mungkin aku ada salah perbuatan atau perilaku. yang jelas dari dulu aku selalu menganggap kamu sebagai orang yang cerdas(meskipun jarang masuk kuliah). Pentas Selanjutnya semoga lebih meledak dari pada pentas sebelumnya. from your brother


DArk

Yusuf E Kumoro mengatakan...

hallo, aku yang pernah nonton pementaan kalian yang berjudul waiting for godot pas di SMA 1 batang

Yusuf E Kumoro mengatakan...

aku juga dari teater dan masih blajar,aku dari teater gema ikip pgri semarang

Sumbangan Karya Silahkan Dilihat